Kamis, 23 September 2010

Buat Pelanggan Betah di Toko Anda


Saya disini cuma mau sharing informasi aja tentang, Bagaimana meningkatkan penjualan dengan membuat pelanggan berlama-lama di Toko kita ?



Oke kalo gitu langsung aja,
Kedengarannya memang aneh. Tapi anda akan melihat hasilnya. Coba bayangkan bila anda memiliki sebuah toko, entah itu toko sepatu, toko baju, toko mainan anak-anak, atau apa pun. Ketika pelanggan berjalan memasuki toko anda, anda tidak cukup hanya memberinya senyuman dan sapaan. Anda harus berpikir untuk membuat pelanggan melakukan sesuatu di toko anda. Apa tujuannya ? Supaya mereka bisa tinggal lebih lama di toko anda. Dengan tinggal lebih lama, peluang mereka untuk membeli sesuatu dari anda semakin besar.

Misalnya anda mempunyai toko sepatu. Bila ada pelanggan datang, spalah dia dan persilahkan duduk. Katakan padanya entah dia hendak membeli atau tidak, anda akan memberikan layanan membersihkan atau menyemir sepatunya secara gratis. Setelah sepatu dilepas, berilah dia sandal. Selagi sepatunya dibersihkan dan disemir, dia mau tidak mau akan tinggal di toko anda. Dia tidak mungkin pergi meninggalkan toko anda. Yang bisa dia lakukan hanyalah berjalan melihat-lihat sepatu dan anda bisa mempersilahkannya mencoba sepatu ini dan itu bila dia tertarik. Seringkali cara ini dapat efektif untuk mendongkrak penjualan anda.

Saya beri contoh lain, mengapa supermarket memberi anda keranjang atau troli ? Coba bayangkan anda berjalan di supermarket yang lumayan besar tanpa keranjang, tanpa troli ? berapa barang yang bisa anda bawa ?
Anda hanya akan membeli sejumlah barang yang bisa anda tenteng dengan tangan anda. Karena supermarket menyediakan keranjang, barang yang anda beli bertambah banyak. Karena disediakan troli, belanjaan anda pun bertambah banyak lagi. Mengapa ? karena anda tidak lagi belanja sendiri, tapi mendudukan anak anda di troli, sehingga di apun turut berbelanja, minta ini dan itu. Tanpa beban berat yang harus anda jinjing, Anda bisa berjalan dan melihat-lihat kesana kemari, memasukan barang yang memikat mata anda. Anda dan anak anda senang karena bisa berbelanja bersama, pemilik supermarket pun senang karena penjualannya meningkat.

Kalau anda punya toko komputer, buatlah pelanggan tinggal lebih lama di toko anda. alih-alih membiarkan mereka hanya mengintip di toko anda, persilahkan mereka masuk, beri mereka kesempatan mengutak-atik komputer yang anda sediakan. Rasa penasaran akan membuat mereka bertanya ini dan itu, sehingga anda mempunya peluang lebih besar untuk berinteraksi dengan mereka, hubungan anda dan mereka pun terbangun lebih baik, dan ujung-ujungnya, mereka akan membeli sesuatu dari anda.

Itulah idenya, membuat pelanggan tinggal lebih lama di toko anda.

Jadi, yang harus anda lakukan sekarang adalah :
"Apa yang bisa anda lakukan untuk membuat pelanggan tinggal lebih lama di toko anda ? Apakah target anda hanyalah pelanggan yang ingin belanja ke toko anda ? Atau target anda juga suaminya/istrinya/anaknya ?

Tidak ada komentar: