Kamis, 23 September 2010

24 ide pemasaran untuk PENGECER

Pemilik usaha kecil dapat dengan mudah terlalu terlibat dalam operasi sehari-hari di toko ritel mereka dan menghabiskan waktu untuk brainstorming ide-ide pemasaran atau kegiatan promosi. Beberapa pengecer khawatir bahwa pemasaran terlalu mahal, orang lain mungkin merasa terlalu memakan waktu. Tanpa mengumumkan siapa Anda dan apa yang Anda jual, bagaimana akan ada yang tahu? Berikut adalah 24 ide-ide pemasaran untuk pengecer.

1. Buatlah kalender untuk pelanggan Anda dengan nama toko dan alamat Anda pada kalender tersebut.

2. Cantumkan jenis produk atau jasa yang Anda tawarkan di bagian belakang kartu nama Anda.

3. Selalu membawa kartu bisnis Anda kemana pun pergi. Berikan kartu bisnis Anda kepada kenalan Anda dan mintalah izin untuk meninggalkannya di tempat-tempat target konsumen Anda biasa kunjungi.

4. Bergabunglah dengan asosiasi dagang atau organisasi yang berhubungan dengan industri Anda.

5. Berikanlah kupon berhadiah dan formulir pelanggan secara berkala. Gunakan media tersebut untuk mengumpulkan alamat-alamat email pelanggan.

6. Buatlah brosur untuk toko Anda dan produk/jasa yang ditawarkan dan bagikan secara berkala ke konsumen Anda saat ini.

7. Melakukan seminar bulanan tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan.

8. Cetaklah tagline yang menarik untuk bisnis Anda pada kop surat, fax lembar penutup, e-mail dan invoice.

9. Kembangkanlah situs web untuk menampilkan produk Anda, layanan dan lokasi. Gunakan URL yang mudah diingat dan cantumkan alamat website tersebut di semua materi pemasaran Anda seperti brosur, kartu nama, dsb.

10. Sertakan testimonial pelanggan dalam semua media tulis yang Anda cetak seperti website.

11. Promosikan diri Anda sebagai seorang ahli dengan menulis artikel atau tips tentang topik yang terkait dengan industri Anda.

12. Kirim ke koran lokal, jurnal perdagangan atau publikasi lainnya.

13. Buatlah semacam acara kumpul sehabis jam kerja bagi karyawan Anda dan teman-teman mereka / saudara.

14. Berikan t-shirt bebas dengan logo perusahaan Anda untuk staf-staf Anda. T-shirt ini dapat digunakan ketika sedang bekerja.

15. Kirim berita pers release mengenai produk dan jasa terbaru Anda sebanyak yang dibutuhkan.

16. Buat penghargaan tahunan kepada karyawan Anda dan publikasikanlah di website Anda atau media cetak lainnya.

17. Sharing pengalaman usaha di forum-forum internet seperti KASKUS, stasiun kabel lokal dan stasiun penyiaran publik.

18. Buat Forum Diskusi bagi konsumen yang menemui kendala dengan produk/jasa yang mereka beli dari Anda dan tetaplah monitor isinya.

19. Gunakanlah mesin penjawab otomatis atau voice mail untuk panggilan telepon di luar jam kerja. Sertakan pula informasi dasar dalam pesan keluar Anda seperti jam kerja, lokasi, website, dll

20. Bergabunglah dengan Kamar Dagang (chamber of commerce) di mana Anda dapat jaringan dengan pemilik area bisnis.

21. Adakanlah open house beberapa bulan sekali. Undanglah orang-orang berpengaruh di komunitas di sekitar toko Anda.

22. Gunakanlah SMS BLAST untuk memberikan notifikasi ke konsumen-konsumen Anda saat ini.

23. Distribusikan produk-produk khusus seperti pena, mouse pad, atau mug dengan logo toko Anda pada acara-acara khusus seperti open house atau seminar.

24. Beriklan di lokasi kreatif seperti bangku taman, bus, dan situs Web populer.

Tidak ada komentar: