Sabtu, 28 Agustus 2010

Believe n Learn The Process

Seringkali dalam keseharian, ketika melihat seseorang dengan tingkat Kesuksesan yang melebihi tingkat kesuksesan kita, seringkali kita, berkata,
"Betapa Indahnya hidup orang itu".
"pasti hidupnya bahagia".
"Alangkah senangnya jika saya memiliki kesuksesan seperti dia".
dan kata kata lainnya, yang pada dasarnya menggambarkan betapa "Beruntung-nya" seseorang yang memiliki tingkat kesuksesan yang melebihi tingkat kesuksesan kita, dan betapa inginnya kita untuk memiliki kesuksesan orang tersebut.

Pernahkah terlintas dipikiran anda bahwa untuk mencapai kesuksesan yang mereka miliki sekarang ada proses yang harus mereka lewati?
Terbayangkah oleh kita apa yang mereka alami selama proses untuk meraih kesuksesan tersebut? Terbayangkah oleh kita seberapa besar pengorbanan atau bahkan penderitaan yang harus mereka alami selama proses tersebut?

Memang terkadang ketika kita melihat kesuksesan seseorang, kita hanya melihat hasil akhir, dan terlupakan atau tanpa terpikir oleh kita proses yang terjadi dalam pencapaian hasil tersebut.

Proses, ya proses, banyak faktor yang menentukan tingkat kesuksesan kita dan orang yg kita lihat, dan tentunya salah satu faktor pentingnya adalah proses,
yaitu bagaimana mereka menjalani proses dalam pencapaian kesuksesan mereka, termasuk bagaimana cara mereka berpikir, menyimpulkan, mengambil keputusan dan menyikapi setiap hal dan atau kejadian dan juga masalah yang terjadi, serta bagaimana mereka memaknai dan mengambil pelajaran dari setiap hal atau kejadian yang kita alami selama proses tersebut.

Ada sebuah kata bijak:
"There's no elevator to success, you have to take stairs"
(Tidak ada elevator untuk meraih kesuksesan, anda harus melalui tangga tangga.)
Maksudnya adalah bahwa kesuksesan tidak dapat diraih secara cepat atau dengan kata lain tidak ada jalan pintas untuk meraih kesuksesan. untuk meraih kesuksesan kita harus melewati berbagai Proses.

Misalnya di kantor tempat kita bekerja, kita melihat rekan kita yang memiliki jabatan yang lebih tinggi dari kita, kita berkata "Seandainya saya memiliki jabatan seperti dia saya pasti akan menjadi lebih bahagia".
Pertanyaannya:
Benarkah demikian??
Benarkah kita akan lebih bahagia jika kita memiliki jabatan seperti rekan kita??
Seandainya secara tiba tiba kita diberikan kesempatan untuk memiliki jabatan seperti rekan kita, apa yang akan kita lakukan? mampukah kita melaksanakan berbagai tugas dan tanggung jawab dari jabatan tersebut??
Berhasilkah kita???

Walaupun Proses itu penting tetapi kita tidak boleh pesimis. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan belajar dari mereka-mereka yang telah sukses,tanyakan bagaimana proses-proses yang mereka lewati,bagaimana mereka menjadi sukses,bagaimana mereka keluar dari masalah-masalah mereka,dll

Ingatlah..
Bahwa pada proseslah kita akan belajar tentang banyak hal yang akan membesarkan dan menguatkan diri kita. Oleh karena itu kita harus belajar dari mereka yang telah berhasil.

Kita semua berhak untuk memperoleh apapun yang kita inginkan atau kesuksesan yang ingin kita raih, asalkan kita mau memantaskan diri kita terhadap keinginan/ kesuksesan itu, dan semuanya itu akan terlihat pada proses yang kita lalui.

Yakin dan Belajarlah maka semua itu pasti akan dapat tercapai.


Tidak ada komentar: